Categories: Uncategorized

5 Tips Menghadapi Tantangan Bisnis Fashion

Industri fashion di Indonesia terus berkembang pesat. Data ekspor produk fashion pada Januari–Oktober 2024 mencapai US$9,85 miliar, naik 0,89% dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini menunjukkan besarnya potensi sektor fashion, baik untuk pasar lokal maupun internasional. Namun, di balik pertumbuhan nilai bisnisnya, persaingan yang ketat dan perubahan tren yang cepat berubah membuat fashion menjadi salah satu industri paling menantang. 

Di tengah tantangan ini, ada banyak cara untuk bertahan dan bahkan berkembang. Berikut adalah lima tips penting yang dapat membantu bisnis fashion Anda tetap relevan, kompetitif, dan siap menghadapi pasar. 
 
Berikut 5 tips menghadapi tantangan bisnis fashion yang bisa menjadi inspirasi. 

1. Fokus pada Monetisasi, Bukan Sekadar Brand Awareness 

Saat memulai bisnis, banyak pebisnis terlalu fokus pada membangun brand awareness dan jumlah followers hingga mengeluarkan banyak uang untuk menggandeng influencer. Padahal, yang terpenting adalah mengubah awareness tersebut menjadi keuntungan nyata.  

Mulai lah dengan mempelajari perilaku pembeli seperti produk apa yang paling laris, kapan waktu mereka paling sering berbelanja, atau apa yang memengaruhi keputusan pembelian mereka. Dengan  data untuk membuat strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan menjaga arus kas bisnis tetap sehat. 

2. Adaptif Terhadap Tren dan Teknologi 

Dalam  menjalankan bisnis fashion tentunya menghasilkan design yang menarik adalah yang utama, namun menjadi relevan juga penting untuk menciptakan kedekatan emosional dengan pembeli. Cobalah memberi ruang interaksi dengan pembeli dan menciptakan desain yang dekat dengan mereka.  

Selalu pantau fenomena dan teknologi yang sedang jadi perbincangan di internet dan ciptakan produk yang bisa beradaptasi dengan apa yang sedang disukai tanpa menghilangkan kaunikan dari produk yang Anda tawarkan. 

Memanfaatkan teknologi untuk menciptakan gimmick yang unik seperti membuat filter video TikTok atau gaya live streaming yang menyenangkan juga dapat memberikan pengalaman unik bagi pelanggan dan memicu percakapan di internet.   

3. Maksimalkan Kualitas Pelayanan 

Tidak hanya pemasaran dan penjualan, pelayanan untuk pembeli juga penting untuk membangun citra merek fashion Anda.  Memberikan respon yang cepat untuk pertanyaan-pertanyaan calon pembeli di social media atau siaran langsung dari platform yang disediakan e-commerce, dapat membuat calon pembeli mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik dan akan membangun kesan yang baik juga terhadap brand Anda. 
 

Memberikan pelayanan pasca pembelian seperti proses pesanan yang cepat, memberikan garansi, atau menyediakan konsultasi perawatan barang juga dapat membuat pelanggan menjadi lebih loyal karena merasa lebih diperhatikan. 

4. Memberikan Value Lebih Untuk Customer 

Diantara brand fashion yang tumbuh menjamur, memberikan nilai tambah pada produk Anda dapat membuat calon customer lebih memilih produk Anda dibanding merek fashion lain. Selain memberikan kualitas produk yang lebih awet, layanan pasca pembelian, dan pengalaman berbelanja yang nyaman, nilai tambah pada produk fashion juga bisa dihadirkan dengan memberikan identitas pada pemakainya. 

Di era dimana semua orang berlomba-lomba membangun identitas mereka di social media, membuat seseorang menjadi sesuatu ketika mengenakan sebuah produk merupakan sebuah nilai jual yang dicari. Seperti ketika banyak orang yang melabeli diri sebagai ‘anak skena’ ketika menggunakan celana cargo, Anda bisa membentuk identitas untuk orang-orang yang menggunakan produk Anda. Tidak hanya terbatas pada produk, identitas juga bisa Anda bangun pada kemasan, seperti memberikan kemasan yang ramah lingkungan untuk membangun identitas customer sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan.  

5. Gunakan Fulfillment Center untuk Efisiensi Operasional 

Operasional sering kali menjadi tantangan terbesar bagi bisnis fashion online. Terutama bagi pebisnis baru yang tidak memiliki cukup modal untuk membayar karyawan dan menyewa gudang untuk mengurus penyimpanan dan penyediaan stok, memproses order, mengemas produk, dan mengirimkan barang tepat waktu.  

Di sinilah Goodang.com hadir sebagai solusi. Melalui layanan warehousing dan fulfillment center, Goodang.com dapat membantu menyimpan produk fashion Anda, menangani pesanan, dan memastikan pengiriman memenuhi SLA dari platform e-commerce. Dengan sistem yang terintegrasi dan dukungan teknologi WMS yang dirancang sendiri, Anda bisa memantau stok real-time dan menjalankan bisnis lebih efisien. 

Bisnis fashion memang penuh tantangan, tetapi juga menyimpan peluang besar bagi mereka yang berani beradaptasi. Goodang.com selalu siap mendukung perjalanan bisnis fashion Anda agar lebih lancar, efisien, dan siap menghadapi persaingan. Mari bersama-sama membuktikan bahwa brand lokal Indonesia mampu bersaing dan tumbuh hingga ke pasar global. 

goodanguser